Rabu, 14 Maret 2012

Hidup Seperti Panggung Sandiwara


Tidak jarang kita mendengar kalau hidup ini seperti panggung sandiwara. Tetapi apa maksudnya hal tersebut, apakah kita ini bebas bertindak ataupun bergaya dan berekspresi atau hidup kita ini disaksikan oleh banyak orang sehingga gerak gerik kita tidak bisa sebebas-bebasnya. Mungkin bisa diartikan kalau hidup kita ini berjalan sesuai dengan apa yang kita lakukan. Jadi orang lain akan menjadi senang, bangga, sedih, marah dan sebagainya itu tergantung dari apa yang kita lakukan. Bila kita berhasil memerankan peran kita dalam hidup ini maka orang lain pun akan menjadi senang dan bangga kepada kita, tetapi sebaliknya kalau kita berperan dengan buruk maka orang lain akan benci dan tidak suka kepada kita. Selain itu hidup kita ini akan berjalan sesuai dengan apa yang kita lakukan dan akan mendapatkan hasil yang sepadan dengan usaha yang kita lakukan. Jadi kalau yang kita lakukan itu baik, maka nantinya hasil yang kita dapat juga akan baik, dan juga sebaliknya.
So, karena hidup ini seperti panggung sandiwara, maka kita harus bisa berperan sebaik mungkin agar bisa dikenang dan diingat dengan baik oleh orang lain. Seperti yang kita tahu kalau kita ini cuma hidup sekali saja, apakah kita ingin hidup ini bermakna atau sia2 itu tergantung dari bagaimana kita menjalani kehidupan ini. Untuk itu kita perlu belajar bagaimana berperan dengan baik, dan proses belajar yang kita lakukan ini harus terus kita lakukan selama kita masih hidup. Mungkin seperti seorang aktor yang sedang berperan dalam sebuah pementasan, tentu dalam melakukan perannya itu dia harus melakukan berbagai persiapan sehingga nanti dia bisa berperan dengan baik sehingga bisa dihargai oleh penonton. Nah seperti halnya hidup kita ini, tentu harusnya dalam melakukan segala aktifitas kita harus melakukan persiapan yang baik sehingga kita bisa melakukan aktifitas tadi dengan baik sehingga orang lain akan menghargai kita. Untuk itu karena hidup ini seperti panggung sandiwara, lakukanlah segala persiapan dengan sebaik-baiknya sebelum kita memutuskan apa yang akan kita lakukan ke depannya nanti. Karena apa yang kita lakukan nanti lah yang akan menentukan masa depan kita nanti apakah itu baik maupun buruk. Dan orang lain akan selalu menilai apa yang kita lakukan tadi. Jadi lakukanlah hal yang baik dan juga dengan sebaik-baiknya sehingga hasil yang kita dapat juga baik.
Selain itu seperti yang saya bilang tadi kalau hidup ini selalu dijalani dengan proses belajar. Ini seperti halnya seorang aktor yang harus menilai dan bisa belajar dari peran yang telah dia lakukan sebelumnya. DIa harus bisa memperbaiki kesalahan yang dia lakukan atau pun kekurangan yang dia miliki . Dan tidak lupa juga dia harus bisa mengembangkan potensi2 dan kelebihan yang dia miliki juga. Untuk melakukan hal tersebut maka dia harus bisa belajar dari apa yang telah dia lakukan dan terus belajar dari pengalaman ataupun masukan2 dari orang lain pada dirinya. Terbuka pada setiap masukan itu perlu, tetapi kita harus bisa memilih masukan2 yang bisa membangun kita dan tidak menghiraukan masukan negatif yang malah bisa menghancurkan kita. Nah seperti halnya seorang aktor yang terus belajar dalam berperan agar setiap peran yang dia bawakan bisa selalu baik, maka itu bisa diartikan kalau hidup kita ini selalu penuh dengan proses pembelajaran. Tidak ada kata terlambat untuk belajar asalkan kita memiliki kemauan untuk melakukannya. Karena memang kita hidup ini selalu belajar dari waktu ke waktu, entah itu melalui pengalaman yang kita dapat, ataupun teori2 dari orang lain, tetapi semua yang kita lakukan ini adalah proses belajar dalam hidup. Jadi jangan takut salah untuk melakukan sesuatu, karena kita ini sedang belajar, tetapi juga jangan mengulang kesalahan untuk kedua kalinya karena itu berarti kita ini bodoh. Karena orang yang pintar itu orang yang bisa belajar dari pengalamnnya sendiri. Dan orang yang bijak itu orang yang bisa belajar dari pengalaman orang lain.
Lakukanlah yang terbaik dalam hidup kita ini, agar kita bisa diingat oleh orang2 di sekitar kita atas apa yang kita lakukan. Jangan biarkan hidup kita ini hanya digunakan untuk melakukan hal2 yang tidak berguna dan sia2. Serta teruslah belajar dalam hidup ini, belajar tentang banyak hal pasti akan bermanfaat untuk kita nanti. Karena semakin kita banyak belajar kita akan merasa kalau kita ini tidak tahu. Jadi kembangkan terus rasa ingin tahu kita. Teruslah belajar tentang hal2 baru yang bisa bermanfaat bagi kita. Dan ingat "orang yang berhasil itu pasti punya segudang pengetahuan dan pengalaman hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar